Tabel 3: Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | |||||||||||||||||||||
Sikap
|
||||||||||||||||||||||
Ketrampilan Umum | ||||||||||||||||||||||
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologiyang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya | |||||||||||||||||||||
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur | |||||||||||||||||||||
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanioras esuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; | |||||||||||||||||||||
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | |||||||||||||||||||||
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | |||||||||||||||||||||
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | |||||||||||||||||||||
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | |||||||||||||||||||||
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | |||||||||||||||||||||
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; | |||||||||||||||||||||
Ketrampilan Khusus | ||||||||||||||||||||||
KK1 | Mampu merencanakan, melaksanakan, mengelola, dan mengevaluasi proses pembelajaran Biologi | |||||||||||||||||||||
KK2 | Mampu merencanakan, menyiapkan, menangani, dan mengelola sumber belajar Biologi. | |||||||||||||||||||||
KK3 | Melakukan perbaikan proses pembelajaran Biologi berdasarkan hasil penelitian pendidikan Biologi yang telah dilakukan baik secara mandiri maupun kolaboratif. | |||||||||||||||||||||
KK4 | Mampu memecahkan masalah iptek di bidang Biologi dan pendidikan Biologi. | |||||||||||||||||||||
KK5 | Mampu menggali kearifan lokal dan keragaman hayati di daerah/tempat kerjanya untuk diintegrasikan dalam pembelajaran Biologi, penelitian, dan kewirausahaan. | |||||||||||||||||||||
KK6 | Mampu mengkomunikasikan luaran/ produk penelitian dalam bidang Biologi dan pendidikan Biologi baik secara tertulis maupun secara lisan. | |||||||||||||||||||||
KK7 | Mampu mengaplikasikan keilmuan biologi agar bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari; | |||||||||||||||||||||
Capaian Pengetahuan | ||||||||||||||||||||||
PP1 | Menguasai konsep teoritis biologi sel dan molekuler; Histologi, biologi organisme; ekologi dan evolusi, dan terapannya sebagai bahan pembelajaran di SMA | |||||||||||||||||||||
PP2 | Menguasai konsep biometri, statistika, biofisika, kimia anorganik, kimia organik dan biokimia, dan terapannya sebagai bahan pembelajaran di SMA | |||||||||||||||||||||
PP3 | Menguasai konsep dan prinsip-prinsip fisiologi pada tumbuhan, hewan dan fisiologi manusia, serta terapannya sebagai bahan pembelajaran di SMA | |||||||||||||||||||||
PP4 | Menguasai konsep, prinsip-prinsip dan aplikasi pengetahuan biologi pada bidang tanaman, lingkungan dan sumberdaya hayati dalam pengelolaaan dan pemanfaatan sumber daya hayati maupun lingkungannya | |||||||||||||||||||||
PP5 | Menguasai konsep, prinsip-prinsip, dan aplikasi mikrobiologi dan bioteknologi yang relevan, serta terapannya sebagai bahan pembelajaran di SMA | |||||||||||||||||||||
PP6 | Menguasai prinsip-prinsip pengelolaan laboratorium biologi serta managemen keamanannya | |||||||||||||||||||||
PP7 | Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis Biologi serta keilmuan Biologi untuk melaksanaan pembelajaran inovatif berbasis IPTEKS. | |||||||||||||||||||||
PP8 | Memahami karakteristik dan potensi peserta didik dan mampu memfasilitasi perkembangan potensi peserta didik secara berkesinambungan | |||||||||||||||||||||
PP9 | Menguasai teori, prinsip, dan prosedur dalam merancang program pembelajaran yang mendidik dan memaksimalkan potensi peserta didik. | |||||||||||||||||||||
PP10 | Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis untuk melakukan evaluasi pendidikan yang berbasis IPTEKS. | |||||||||||||||||||||
PP11 | Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk pembuatan media belajar dan analisis evaluasi pendidikan | |||||||||||||||||||||
PP12 | Menguasai metodologi penelitian pendidikan Biologi dan Biologi terapan | |||||||||||||||||||||
PP13 | Menguasai teori dan prinsip-prinsip managemen kewirausahaan untuk mendukung profesi kewirausahaan |