Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang juga planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Satu-satunya planet yang diketahui memiliki atmosfer yang mengandung oksigen bebas, latuan air di permukaannya, dan tentu saja adanya kehidupan didalamnya.

Satu hal yang harus dipahami adalah bahwa umat manusia tidak bisa hidup tanpa bumi, namun sebaliknya planet indah ini dapat hidup tanpa adanya manusia. Oleh sebab itu, sadarilah bahwa bumi juga punya hak hidup tanpa polusi yang disebabkan oleh tangan-tangan jahil dari manusia. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk bumi adalah tidak membiarkan pohon terakhir di bumi mati. Karena jika pohon terakhir telah mati, sungai terakhir telah tercemar dan ikan terakhir telah ditangkap maka kita menyadari bahwa manusia tidak bisa memakan uang. Mari kita rawat bumi ini , salah satunya dengan menanam pohon agar bumi tetap lestari.

Gunung Jokolangan, Sawah, Wonorejo, Karanganyar, disini lah lokasi kami anggota Himpunan Mahasiwa Pendidikan Biologi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan kegiatan tanam pohon dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April setiap tahunnya. Tanam pohon kali ini diselenggarakan pada hari Kamis, 22 April 2021 dengan tema “SATU POHON UNTUK BERJUTA KEHIDUPAN”. Kegiatan tanam pohon ini berkolaborasi dengan banyak instansi tinggi dan pegiat lingkungan seperti halnya: SABAGIRI,Senkom Mitra Polri Kabupaten Karanganyar, Pemuda Pancasila, Mapala GAN Univet, SAR MTA, Exalos dan masih banyak lagi. Kegiatan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dan tentunya melengkapi izin dengan membawa surat kesehatan yang telah dipersiapkan masing-masing peserta dan panitia.

Sebelum melakukan kegiatan penanaman pohon, panitia telah menyediakan bibit pohon yang akan ditanam di lokasi lembah gunung jokongan yang sebelumnya telah ditentukan.Bibit yang disediakan antara lain adalah bibit pohon sengon, bibit pohon beringin, bibit pohon akasia, bibit pohon trembesi dan bibit pohon alpukat. Jarak dari tempat parkir sepeda motor menuju ke lokasi penanaman sangat jauh setidaknya menempuh waktu perjalanan sekitar 3-4 jam dan tentunya akses hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki. Setibanya di lokasi panitia segera membagi kelompok tanam pohon dan kemudian menanam pohon di area cemplon atau kubangan yang sudah disediakan panitia. Tak lupa setelah menanam pohon juga kami menyiram bibit yang telah ditanam, yang nantinya panitia akan tetap memantau perawatan dan pertumbuhan bibit tersebut.

Anggota Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Univet Bantara Sukoharjo dalam kegiatan tanam pohon ini juga telah mempersiapkan label nama dari tanaman yang akan ditanam, nama dalam bahasa indonesia dan juga nama latin. Kemudian label akan dikalungkan pada setiap bibit yang akan ditanam. Guna mengedukasi masyarakat sekitar serta para peserta dan panitia yang juga mengikuti kegiatan tanam pohon ini.

Peringati Hari Bumi, Himabio Laksanakan Tanam Pohon

Tinggalkan Balasan