Sukoharjo 12 September 2024. Kamis pagi sekitar pukul 09.00 WIB tanggal 13 September 2024, program studi Pendidikan Biologi dan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) menyelenggarakan kuliah pakar berjudul “Pembelajaran Inovatif Berbasis Kurikulum OBE”. Acara kuliah pakar ini diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Biologi serta mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara, dosen Universitas Muhammadiyah Muhammadiyah Metro (Lampung). Pada kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidang kurikulum OBE yaitu Dr. Iis Nur Asyiah, M.P. dan Prof. Dr. Trianik Widianingrum, M.Si. Beliau berdua berturut-turut merupakan dosen Universitas Jember dan Universitas Ahmad Dahlan. Acara ini berlangsung kurang lebih 2 jam dan dipandu oleh dosen Pendidikan Biologi Univet Bantara, Dr. Ratna Dewi Eskundari, M.Si.

Acara kuliah umum tersebut diawali dengan sambutan ketua panitia, Drs. Agus Purwanto, M.Pd. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi dosen pada khususnya dan mahasiswa pada umumnya. “Kami berharap dengan adanya acara ini dapat menambah pemahaman bagi dosen pada khususnya terkait kurikulum berbasis output-based education (OBE) dan dapat memberikan informasi bagi mahasiswa untuk mendapatkan kejelasan penilaian pada mata kuliah”, ujar beliau.  Senada dengan pendapat ketua panitia, Dekan FKIP, Dr. Singgih Subiyantoro, M.Pd., juga sangat mengapresiasi diadakannya acara tersebut. “Fakultas sangat mengapresiasi serta mendukung acara kuliah pakar apalagi yang berkaitan dengan kurikulum terbaru yaitu yang berdasarkan OBE” ucap beliau.

Peserta antusias dalam mengikuti acara kuliah pakar Pendidikan Biologi tahun 2024 dengan tema“Pembelajaran Inovatif Berbasis Kurikulum OBE”.

Sebagai pemberi materi yang pertama, Dr. Iis Nur Asyiah, M.P. memberikan keterangan bahwa kurikulum pembelajaran terkini adalah kurikulum yang berbasis OBE. Kurikulum berbasis OBE adalah kurikulum dengan pendekatan dalam sistem pendidikan dengan fokus yang jelas dan mengatur segala sesuatu dalam sistem pendidikan sehingga kemampuan apa yang penting bagi mahasiswa dapat dilakukan pada akhir pengalaman belajar mereka. Beliau menuturkan bahwa penting bagi dosen untuk membuat RPS yang sesuai dengan kurikulum OBE dan menyampaikannya kepada mahasiswa di awal perkuliahan. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa mahasiswa berhak mendapatkan transparansi penilaian di mata kuliah dan hal tersebut tertuang di dalam RPS. Senada dengan narasumber yang pertama, narasumber kedua yaitu Prof. Dr. Trianik Widianingrum, M.Si. menyatakan bahwa dosen harus memahami kurikulum OBE dengan menyeluruh sehingga akhirnya dosen dapat membuat RPS yang benar. Lebih lanjut, beliau mengatakan bahwa kurikulum OBE berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu pada kurikulum OBE menitikberatkan pada siswa atau lebih dikenal dengan istilah student-centered learning yaitu suatu strategi pembelajaran pada kurikulum OBE yang meletakkan mahasiswa pada pusat proses pembelajaran.

Perkuat Kurikulum, Prodi Pendidikan Biologi Selenggarakan Kuliah Pakar Pembelajaran Inovatif Berbasis Kurikulum OBE