Sukoharjo 20 Agustus 2024. Selasa pagi sekitar pukul 10.00 WIB tanggal 20 Agustus 2024, program studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) menyelenggarakan kuliah umum berjudul “Penguatan Enterpreneur Tanaman Hias Anggrek bagi Mahasiswa”. Acara kuliah umum ini diikuti oleh mahasiswa Pendidikan Biologi serta mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Univet Bantara, dosen Universitas Muhammadiyah Malang dan Universitas  Muhammadiyah Metro (Lampung). Pada kuliah umum tersebut menghadirkan dua narasumber yang kompeten di bidang tanaman anggrek yaitu Tutut Indria Permana, M.Pd dan Haniz Waziroh, S.Pd. Beliau berdua berturut-turut merupakan dosen Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang dan praktisi anggrek dari Tangerang.

Acara kuliah umum tersebut diawali dengan sambutan ketua program studi (kaprodi) Pendidikan Biologi, Dra. Nur Rokhimah Hanik, M.P. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang sesuai dengan visi misi program studi Pendidikan Biologi yang berkomitmen dalam mengasah ketrampilan kewirausahaan mahasiswa. “Kami berharap dengan adanya acara ini dapat menambah wawasan serta semangat mahasiswa khususnya mahasiswa prodi Pendidikan Biologi untuk mengembangkan kemampuan dalam berwirausaha khususnya tanaman anggrek”, ujar beliau.  Senada dengan pendapat kaprodi Pendidikan Biologi, Dekan FKIP melalui Wakil Dekan I , Para Mitta Purbosari, M.Pd., juga sangat mengapresiasi diadakannya acara tersebut. “Fakultas sangat mengapresiasi serta mendukung acara kuliah umum apalagi yang berkaitan dengan entrepreneur sehingga dapat menambah semangat mahasiswa dalam mengembangkan diri sebagai pengusaha  setelah lulus atau bahkan saat masih di bangku kuliah” ucap beliau.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Univet Bantara memberikan sambutan dalam kuliah umum “Penguatan Enterpreneur Tanaman Hias Anggrek bagi Mahasiswa”

Sebagai pemberi materi yang pertama, Tutut Indria Permana, M.Pd menekankan bahwa penting bagi pemula untuk mengetahui ciri fisik (morfologi) anggrek untuk bekal dalam perbanyakannya. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa perawatan yang tepat dapat menghindarkan tanaman anggrek dari serangan penyakit maupun cekaman fisiologis lainnya. Mengenai tatacara dalam pengembangan bisnis anggrek, narasumber kedua mengatakan bahwa penting bagi pemula untuk mengetahui seluk-beluk penjualan anggrek, misalnya dengan cara bergabung dengan komunitas pencinta anggrek. “Dengan bergabung ke komunitas pecinta anggrek, maka akan memperbesar peluang dalam mengembangkan bisnis anggrek karena akan mendapatkan ilmu bisnis yang dari pengusaha anggrek yang telah sukses” ujar Haniz. Lebih lanjut, Haniz mengungkapkan bahwa penting bagi pemula untuk terjun langsung ke lapangan misalnya ke petani anggrek maupun ke nursery dengan harapan dapat lebih mengetahui kondisi lapang sehingga dapat lebih mudah dalam mengembangkan bisnis anggrek.

Bekali Mahasiswa dengan Entrepreneur Tentang Tanaman Hias Anggrek, Prodi Pendidikan Biologi Selenggarakan Kuliah Umum